Kamis, 28 Juni 2012

TUGAS REVIEW TESIS


Nama : Cynthia Ratna Nur Anisa
Kelas    : 3EA02
NPM    : 12209666
Tugas 3  Bahasa Indonesia 2
Review dari penulisan TESIS :
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, DAYA TARIK PROMOSI DAN HARGA TERAHDAP MINAT BELI (Studi Kasus StarOne di Area Jakarta Pusat)
Oleh :
Ndaru Kusuma Dewa
NIM: C4A006467

PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
PROGRAM PASCA SAJARNA
UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG
2009
1. Abstraksi :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengeruhi minat beli prepaid StarOne di area yang dipelajari. Kata kunci : kualitas produk, daya tarik promosi, harga, minat beli, regresi, StarOne, Jakarta Pusat.
2. Latar belakang :
Dalam perkembangannya saat ini, teknologi  telekomunikasi dan informasi tidak hanya menjadi instrumen peningkatan efektifitas dan efisiensi bisnis, tetapi  juga telah menjadi area bisnis yang menggiurkan, yang banyak diperebutkan pelaku usaha karena potensi luar biasa yang dikandungnya (Iqbal:2002).
3. Tujuan penelitian :
Tujuan penelitian dari tesis ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, daya tarik promosi dan harga terhadap minat beli produk prepaid StarOne, terutama di area Jakarta Pusat.
4. Metode penelitian :
Subjek :
Pengguna StarOne Prepaid, pendidikan minimal SMP atau sederajat, berusia 15 - 60 tahun dan berdomisili dan bekerja pada area Jakarta Pusat.
Teknik analisis data :
a. Analisis Deskriptif
b. Analisis Regresi
Alat ukur :
a. Uji Validitas dan Reablitas
b. Uji Asumsi Klasik
c. Uji Multikolineritas
d. Uji Heteroskedastisitas
e. Uji t
f. Uji F
g. Koefisien Determinasi (R²)
Hasil analisis :
Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini pada pengaruh variabel kualiatas produk, daya tarik promosi, dan harga terhadap minat beli, menghasilkan tiga kesimpulan, yaitu :
1.      Hasil penelitian dengan menggunakan data empiris menunjukkan bahwa kualitas produk yang di ukur dengan delapan indikator yang meliputi suara pengirim dan penerimaan yang jelas, sambungan ketika melakukan panggilan lancar, akses internet yang lancar, jangkauan area yang luas, kualitas sinyal yang bagus, keberhasilan melakukan transfer pulsa, dan kemudahan pengisian ulang voucher memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
2.      Hasil penelitian dengan menggunakan data empiris menunjukkan bahwa daya tarik promosi yang di ukur dengan sebelas indikator yang meliputi isi materi iklan yang jelas, isi materi iklan yang lengkap, iklan mudah mendapat perhatian, iklan mudah dipahami, adanya referensi informasi tambahan pada iklan, pemakaian ikon artis sebagai bintang iklan, jingle StarOne mudah diingat, gaya iklan yang atraktif, bahasa iklan yang provokatif, iklan yang membuat penasaran, dan lirik yang mengena terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
3.      Hasil penelitian dengan menggunakan data empiris menunjukkan bahwa harga yang diukur dengan tujuh indikator yang meliputi harga perdana yang murah, harga voucher yang terjangkau, tarif telepon yang murah, tarif internet yang murah, tarif fasilitas tambahan (SMS, fax, converence call) yang murah, harga bundling perdana StarOne dan HP Motorola yang terjangkau, dan variasi pilihan pembelian pulsa yang beragam (sistem paket atau satuan) terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.